PowerPoint merupakan sebuah aplikasi atau program yang merupakan bagian
dari Microsoft Office yang biasanya digunakan untuk merancang slide presentasi yang
menarik.
Anda bisa menggabungkan teks, animasi, suara, video dan gambar untuk
membuat presentasi yang cetar membahana dan menggugah audiens. Mesikipun begitu,
ternyata masih banyak orang yang tidak memiliki kemampuan dalam menyajikan presentasi
menggunakan Powerpoint.
Akan tetapi Anda tidak perlu khawtir, berikut ini akan kita bahas 3 tips
dan strategi yang perlu kita pahami dalam merancang slide presentasi Powerpoint,
simak selengkapnya.
1. Tentukan Tema/Topik Dalam Presentasi
Sebelum Anda memulai, Anda harus menentukan tema sehingga mudah untuk
merancang pesan atau informasi utama pada presentasi Anda. Pesan ini biasanya
dalam bentuk poin-poin inti yang mudah dipahami dan dipelajari.
Selanjutnya, Anda bisa menambahkan informasi penting lain yang sebelumnya
telah Anda kumpulkan.
Sebagai contoh, Anda akan presentasi karya tulis ilmiah akademis, maka pesan
yang disampaikan berupa kalimat tesis atau skripsi. Jika Anda mempresentasikan
sebuah produk atau bisnis, maka pesan yang disampaikan bisa berupa produk atau
layanan bisnis yang Anda promosikan.
2. Siapkan Informasi Pendukung
Setelah Anda mengetahui poin inti dalam presentasi yang akan Anda sampaikan,
langkah berikutnya adalah menyiapkan informasi pendukung, namun ingat sampaikan
informasi singkat, padat dan jelas.
Sampaikan informasi yang penting dan sangat diperlukan pemirsa (audiens) Anda,
agar presentasi Anda tidak monoton, tidak terlalu lama dan terdengar seperti orang
sedang menceramahi.
3. Rancang Struktur Presentasi
Setelah Anda menentukan tema dan mengetahui informasi apa saja yang perlu disampaikan,
saatnya Anda meranang struktur presentasi.
Rencanakan terlebih dahulu sebanyak mungkin bagian presentasi baik secara lisan maupun tulisan diatas kertas
coretan. Selain merancang secara lisan, buat juga kerangka presentasi secara tertulis.
Struktur presentasi akademis pada umumnya wajib mematuhi pedoman pada struktur
tulisan akademis. Pertama, sampaikan inti masalah. kedua, buat data pendukung
masalah Anda dengan data pembuktian. Terakhir, buat kesimpulan singkat.
Dalam sebuah presentasi bisnis, seorang penasehat bisnis dan marketing
terkenal bernama Guy Kawasaki, mengemukakan bahwa struktur presentasi bisnis
yang standar harus memuat informasi berikut:
- Masalah yang terjadi.
- Solusi yang Anda
sampaikan.
- Model bisnis.
- Cara kerja/teknologi.
- Pemasaran dan
penjualan.
- Kompetisi.
- Tim.
- Proyeksi.
- Status dan rencana
pelaksanaan.
- Rangkuman dan tindakan
selanjutnya.
Nah itulah 3 tips praktis dan strategi jitu dalam membuat slide presentasi Powerpoint
yang bisa Anda pelajari dan praktekan.
Jika Anda ingin membuat slide presentasi Powerpoint yang menarik dengan cara yang mudah dan cepat, saya rekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan yang satu ini.