3 Strategi Jitu Membuat Presentasi Powerpoint yang Keren dan Menarik

3 Strategi Jitu Membuat Presentasi Powerpoint yang Keren dan Menarik

PowerPoint merupakan sebuah aplikasi atau program yang merupakan bagian dari Microsoft Office yang biasanya digunakan untuk merancang slide presentasi yang menarik.

Anda bisa menggabungkan teks, animasi, suara, video dan gambar untuk membuat presentasi yang cetar membahana dan menggugah audiens. Mesikipun begitu, ternyata masih banyak orang yang tidak memiliki kemampuan dalam menyajikan presentasi menggunakan Powerpoint.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawtir, berikut ini akan kita bahas 3 tips dan strategi yang perlu kita pahami dalam merancang slide presentasi Powerpoint, simak selengkapnya.

1. Tentukan Tema/Topik Dalam Presentasi

Sebelum Anda memulai, Anda harus menentukan tema sehingga mudah untuk merancang pesan atau informasi utama pada presentasi Anda. Pesan ini biasanya dalam bentuk poin-poin inti yang mudah dipahami dan dipelajari.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan informasi penting lain yang sebelumnya telah Anda kumpulkan.

Sebagai contoh, Anda akan presentasi karya tulis ilmiah akademis, maka pesan yang disampaikan berupa kalimat tesis atau skripsi. Jika Anda mempresentasikan sebuah produk atau bisnis, maka pesan yang disampaikan bisa berupa produk atau layanan bisnis yang Anda promosikan.

2. Siapkan Informasi Pendukung

Setelah Anda mengetahui poin inti dalam presentasi yang akan Anda sampaikan, langkah berikutnya adalah menyiapkan informasi pendukung, namun ingat sampaikan informasi singkat, padat dan jelas.

Sampaikan informasi yang penting dan sangat diperlukan pemirsa (audiens) Anda, agar presentasi Anda tidak monoton, tidak terlalu lama dan terdengar seperti orang sedang menceramahi.

3. Rancang Struktur Presentasi

Setelah Anda menentukan tema dan mengetahui informasi apa saja yang perlu disampaikan, saatnya Anda meranang struktur presentasi.

Rencanakan terlebih dahulu sebanyak mungkin bagian presentasi  baik secara lisan maupun tulisan diatas kertas coretan. Selain merancang secara lisan, buat juga kerangka presentasi secara tertulis.

Struktur presentasi akademis pada umumnya wajib mematuhi pedoman pada struktur tulisan akademis. Pertama, sampaikan inti masalah. kedua, buat data pendukung masalah Anda dengan data pembuktian. Terakhir, buat kesimpulan singkat.

Dalam sebuah presentasi bisnis, seorang penasehat bisnis dan marketing terkenal bernama Guy Kawasaki, mengemukakan bahwa struktur presentasi bisnis yang standar harus memuat informasi berikut:
  • Masalah yang terjadi.
  • Solusi yang Anda sampaikan.
  • Model bisnis.
  • Cara kerja/teknologi.
  • Pemasaran dan penjualan.
  • Kompetisi.
  • Tim.
  • Proyeksi.
  • Status dan rencana pelaksanaan.
  • Rangkuman dan tindakan selanjutnya.
Nah itulah 3 tips praktis dan strategi jitu dalam membuat slide presentasi Powerpoint yang bisa Anda pelajari dan praktekan.


Jika Anda ingin membuat slide presentasi Powerpoint yang menarik dengan cara yang mudah dan cepat, saya rekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan
yang satu ini.

Share this:

Newest Post
Disqus Comments